MUDZAKARAH IMAN: HARI KIAMAT SUDAH DEKAT

Salah satu prinsip keimanan yang sangat pokok dalam agama Islam adalah beriman kepada hari akhir atau hari kiamat. Iman kepada hari kiamat merupakan salah satu rukun iman yang enam. Hari akhir dan kebangkitan yang diimani oleh kaum muslimin adalah salah satu hal yang yang banyak ditolak oleh kaum kafir, penentang pada Rasul, baik di masa lampau maupun masa kini.

Kaum muslimin sendiri dituntut tidak ragu sedikit pun untuk mempercayainya karena hari kiamat pasti akan tiba dan terjadi. Hari kiamat adalah salah satu perkara ghaib yang telah dijelaskan secara gamblang dalam Al-Qur’an dan hadits Rasulullah saw., dan juga merupakan kesepakatan para sahabat dan ulama serta kaum muslimin. Tidak ada yang meragukannya kecuali kaum kafir, atheis ataupun materialis. Yang menjadi masalah sekarang ialah, kapan kiamat itu akan terjadi? Setiap orang pasti tidak ada satupun yang mengetahuinya kecuali Allah swt. Maka jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan ini ialah sebagaimana jawaban yang diberikan Nabi saw. kepada orang-orang Mekkah, ketika mereka bertanya tentang hari kiamat:

Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah”. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh Jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya. (QS Al-Ahzab: 63).

Demikian pula dengan firman Allah yang lain:

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu Amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui”. (QS. Al-Ahzab: 187)

Meskipun tidak ada satupun yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat kecuali Allah semata, namun Rasulullah saw. sendiri telah menerangkan dalam haditsnya bahwa, “Kiamat tidak akan terjadi selagi di muka bumi masih ada orang yang berdzikir kepada Allah dengan mengucapkan lafadz Allah, baik di dalam hati maupun lisan”. Oleh karenanya, kita sebagai kaum muslimin tidak perlu khawatir bahwa kiamat akan tiba, karena hanya Allah saja yang tahu perkara ini, asalkan kita senantiasa selalu berbenah diri atas segala tingkah laku yang buruk, membenahi sifat-sifat tercela dan menggantinya dengan sifat-sifat terpuji.

Maka dari itu, marilah kita semua segera bertaubat, memperbaiki kesalahan yang telah dibuat, dan jangan sampai mengingkari nikmat yang sudah diberikan Allah. Karena Allah telah mengingatkan bahwa jika hamba-Nya bersyukur atas nikmat yang telah dianugerahkan maka Dia akan menambah nikmat-Nya, sebaliknya jika hamba-Nya kufur atas pemberian nikmat tersebut, maka Allah akan menyiksanya dengan adzab yang pedih.

Meskipun hari kiamat adalah perkara gaib dan merupakan rahasia Allah, tetapi Allah dan rasulullah saw. telah memberitahukan tanda-tandanya. Bila dicermati tanda-tanda hari kiamat tersebut, maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa hari kiamat sudah amat dekat. Asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim at-Tuwaijiri di dalam kitabnya Mukhtashar al-Fiqh al-Islami menyebutkan tentang tanda-tanda hari kiamat yang begitu sistematis. Beliau membagi tanda-tanda hari kiamat tersebut menjadi dua bagian, yaitu asyrathus sa’ah as-sughra (tanda-tanda kiamat kecil) dan asyrathus sa’ah al-kubra (tanda-tanda kiamat besar).

Tanda-tanda kiamat kecil oleh beliau dibagi lagi menjadi tiga bagian:

  1. Pertama, tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi dan telah berlalu, seperti terbelahnya bulan, wafatnya Rasulullah saw, penaklukan Baitul Maqdis, dan keluarnya api di negeri Nejad.
  2. Kedua, tanda-tanda kiamat yang sedang terjadi dan masih terus berlangsung, seperti tersebarnya fitnah, meluasnya kekacauan dan kemunkaran, banyak bermunculan nabi-nabi palsu, diangkatnya ilmu dan menyebarnya kebodohan, kedzaliman terjadi di sana-sini, merebaknya alat-alat musik, merajalelanya zina dan riba, banyak orang yang suka meminum khamr, orang-orang saling berlomba membuat gedung-gedung tinggi, menghias masjid hanya untuk bermegah-megahan, banyak terjadi pembunuhan, waktu terasa pendek, sering terjadi gempa bumi, banyak wanita berpakaian namun terlihat telanjang, dan lain sebagainya.
  3. Ketiga, tanda-tanda kiamat yang akan terjadi.

Selanjutnya tanda-tanda kiamat besar (kubra) antara lain sebagaimana diterangkan oleh Allah di dalam kitab-Nya dan oleh Rasulullah saw. melalui hadits-hadits beliau yang shahih. Di antara tanda-tanda tersebut adalah:

  1. Keluarnya dajjal. Dajjal adalah makhluk semacam manusia keturunan Adam, yang akan muncul di akhir zaman dan mengaku dirinya sebagai Tuhan. Dia muncul dari arah timur dari negeri Khurasan dan selanjutnya dia akan menjelajahi hampir seluruh tempat di bumi, kecuali Baitul Maqdis, kota Mekkah, kota Madinnah dan bukit Thursina.
  2. Turunnya Nabi Isa AS (al-Masih).
  3. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, yaitu dua bangsa yang membuat kerusakan di muka bumi.
  4. Munculnya dukhan, yakni asap yang menyelimuti bumi.
  5. Terbitnya matahari dari barat.
  6. Munculnya dabbah, yakni sejenis monster atau binatang melata yang bisa berbicara dan mampu membedakan orang mukmin dengan orang kafir melalui indera penciumannya.

Dari penjelasan tentang tanda-tanda hari kiamat di atas, maka penulis menghimbau kepada diri dan seluruh kaum muslimin dimanapun berada agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT di masa-masa sulit seperti sekarang ini. Kerusakan, kemaksiatan, dan fitnah yang sedang mendera, bahkan di mana-mana terjadi krisis, baik krisis multidimensional, ekonomi, pangan dan sebagainya. Namun ingatlah bahwa Allah SWT masih membuka pintu taubat bagi kita, maka sudah menjadi kesempatan bagi kita untuk memperbanyak bertaubat kepada-Nya hingga nafas sampai di tenggorokan kita. Teruslah berusaha mencari rahmat Allah demi kebaikan kaum muslimin di dunia maupun akhirat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s