PEDOMAN PENULISAN MAKALAH : GAMBARAN, URGENSI, DAN SISTEMATIKA PEMBUATAN BAGI SISWA SMA DAN YANG SEDERAJAT

A. LATAR BELAKANG

Di dalam proses pendidikan, baik di sekolah maupun perguruan tinggi, tradisi menulis adalah suatu hal yang sangat penting. Dikatakan demikian karena menulis merupakan  suatu  kegiatan yang dapat memberi kontribusi yang cukup potensial bagi pelajar dalam memahami suatu materi/topik tertentu pada suatu mata pelajaran. Lebih lanjut bila seorang pelajar ingin mengeksplorasikan sebuah ide atau gagasan yang dapat mendukung proses belajarnya, menulis menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Peristiwa yang bersifat aktual dan penting untuk dikaji, suatu ide yang ingin diungkapkan, maupun gagasan yang dapat mendukung suatu ilmu pengetahuan, dapat dituangkan melalui tulisan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan  begitu, tulisan  tersebut  dapat  dikategorikan  sebagai  karya  ilmiah. Karya tersebut dapat berupa artikel, laporan, makalah, ataupun karya tulis.

Di samping karena  tuntutan yang cukup tinggi dari kurikulum terhadap pentingnya  menulis bagi siswa, maka kali ini, kita akan belajar membuat suatu karya tulis ilmiah yang masih cukup sederhana untuk dibuat, yaitu penulisan makalah.

B. MAKSUD DAN TUJUAN

Pembuatan makalah ini dimaksudkan agar siswa dapat mengembangkan kemampuan kognitifnya dalam memahami suatu mata pelajaran tertentu berdasarkan topik yang diulas melalui sebuah  karya tulis. Disebabkan karena isi makalah harus dapat dipertanggungjawabkan, maka ide maupun gagasan yang ditulis harus didukung dengan sumber data atau referensi yang relevan dan terpercaya.

Kemudian, tujuan dari pembuatan makalah ialah agar siswa terbiasa dalam membuat tugas yang bersifat obyektif (siswa  mengeksplorasi  idenya sendiri  dalam memahami  materi tertentu) dan kredibel (hasilnya  dapat  dipertanggungjawabkan). Dengan  tugas  makalah ini, diharapkan siswa lebih mampu memahami materi tertentu secara komprehensif dan menyeluruh. Atau dalam teori taksonomi Bloom, siswa harus terpenuhi aspek kognitif mulai dari C1 hingga C6 (pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi)

Urgensi dari tugas ini sebenarnya tercermin pada Firman Allah yang artinya:

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmu-lah yang Maha pemurah, yang mengajar (manusia) dengan  perantaraan kalam (pena/tulisan). Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. Al-‘Alaq: 1-5)

C. PENGERTIAN

Apa sih sebenarnya makalah itu? Bagi yang masih asing dengan istilah ini, atau barangkali ada yang sudah tahu istilah ini tetapi belum mengerti bagaimana cara membuatnya, maka marilah kita ulas bersama-sama.

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia sebenarnya sudah dijelaskan secara panjang  lebar  tentang penulisan makalah ini. Namun secara ringkasnya, istilah makalah hampir sama  maknanya dengan paper, kertas kerja, atau laporan ilmiah yang tersusun secara sistematis. Lebih tepatnya, makalah dapat disebut sebuah karya tulis yang membahas suatu  masalah/topik tertentu berdasarkan logika (ide/gagasan), pustaka (sumber atau literatur), atau fakta di lapangan yang disajikan dalam sebuah diskusi maupun seminar. Isi makalah  dapat berupa gagasan atau pandangan penulis terhadap sesuatu yang belum dibuktikan  terlebih dahulu melalui proses penelitian, atau bisa juga ditulis berdasarkan laporan  penelitian berupa temuan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis.

D. SISTEMATIKA PENULISAN

Sistematika penulisan makalah pada umumnya terdiri dari enam komponen: judul, identitas penulis, abstrak dan kata kunci, pendahuluan, isi atau pembahasan, kesimpulan,  dan daftar pustaka. Namun format penulisan makalah tidak selalu seperti  itu.  Terkadang  bagi pemula atau untuk ukuran siswa SMA dan yang sederajat, sistematika penulisan tidak harus selalu persis seperti di atas.  Lebih rincinya, format penulisan makalah paling tidak sebagai berikut:

1.Cover makalah

Di dalam cover makalah terdiri atas judul makalah, maksud ditulisnya suatu makalah (biasanya ditulis: makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran …. yang dibina oleh Bapak/Ibu ….), nama penulis (NIS bila punya), logo lembaga,  dan nama lembaga beserta alamat.

2.Kata pengantar

Di dalam kata pengantar ini bisanya ditulis ungkapan rasa syukur, maksud ditulisnya suatu makalah dan diberi penjelasan singkat tentang tujuan dari ditulisnya makalah ini, dan  ucapan terima kasih serta permohonan maaf apabila ada suatu kekurangan.

3.Daftar isi

Ditulis mulai cover halaman sampai daftar pustaka.

4.Pendahuluan

Pendahuluan merupakan suatu uraian singkat yang menyatakan secara jelas tentang  maksud dari topik yang diulas, mulai dari ungkapan kerisauan penulis akan judul makalah  yang ditulis, kemudian kesenjangan antara kondisi ideal dengan kondisi nyata. Singkatnya, pada pendahuluan ini, penulis mengungkapkan alasan-alasan logis tentang pentingnya  topik itu dibicarakan.

5.Pembahasan

Bagian ini merupakan bagian utama atau inti dari makalah. Semua ide, teori pendukung,  identifikasi dan analisis permasalahan, dan penyelesaian ditulis dalam pembahasan ini.

6.Penutup

Dalam penutup ini, penulis mengungkapkan kesimpulan dari makalah yang dibuat.

7.Daftar pustaka

Tulis beberapa literatur yang menjadi rujukan dalam penulisan makalah ini, baik dari buku, majalah, surat kabar, internet, atau bahkan hasil wawancara atau  penelitian. Beberapa  literatur tersebut disusun berdasarkan kaidah penulisan daftar pustaka yang berlaku.

Demikian gambaran dan penjelasan singkat tentang bagaimana sistematika pembuatan makalah bagi siswa SMA dan yang sederajat. Bagi pembaca yang memang memiliki bakat menulis, maka tidak ada salahnya mencoba membuat karya tulis sendiri yang mampu mempengaruhi pembaca yang lain, mulai dari membuat makalah ini. Memang pada awalnya agak-agak susah (seperti saya waktu SMA dulu) karena cukup banyak aturan-aturan penulisan yang harus dipatuhi, tetapi bila sering dilatih dan sering bertanya pada guru (terutama guru Bahasa Indonesia), lama kelamaan pasti akan terbiasa dan mudah. Sebab nanti ketika mulai masuk perguruan tinggi, membuat makalah adalah salah satu tuntutan tugas yang harus dibuat oleh mahasiswa pada setiap mata kuliah. Dari sini tidak jarang pula para mahasiswa yang stress dan frustasi pada saat dosen menyuruh membuat makalah –biasanya dosen menuntut makalah yang dibuat harus perfect – . Apalagi bagi yang pada waktu SMA dulu sama sekali tidak dilatih dan diberi tugas membuat makalah, maka akan lebih susah lagi.

Maka dari itu, yuk mulai sekarang sering-seringlah menulis. Ungkapkan ide atau gagasan anda dalam wujud tulisan ilmiah. Terutama dalam membuat makalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s